Pages

Friday 24 August 2012

Kayu, Batu, dan Surga

"Tanah Surga...Katanya.." Judul film Indonesia yang sangat menggugah :)

Sayangnya film ini kalah pamor dengan film-film lainnya. Sepertinya kita emang lebih tertarik dengan film-film drama ataupun action, apalagi buatan luar negeri.

Ada banyak bukti yang gue temui. Waktu gue mau nonton 'Di Timur Matahari', salah satu senior di kantor nyeletuk: "Aduh, ngapain nonton film Indonesia? Tunggu aja sampe diputer di TV." Helloooohhhh... gue tersentak sih waktu denger itu. Meeennn, kalo bukan kita, siapa lagi yang menghargai film Indonesia.

Sedihnya, film Indonesia yang paling ga laris itu justru yang berbau nasionalisme. Bahkan, film horor Indonesia (lebih mendekati porno) lebih diminati. Huffftttt.....

Okay, back to Tanah Surga...Katanyaa...

OMG, gue selama ini kerja dan boleh dibilang agak sering ke Kalimantan, tapi gue ga pernah ngeh bahwa Kalimantan itu indah BANGET, BANGET, BANGET!! Yah, maklum aja setiap kali gue ke kalimantan yang gue liat either kebon kelapa sawit or tanah gundul daerah pertambangan batu bara...

Selama gue nonton film ini, gue senyum2 sendiri ngeliat indahnya alam Indonesia. Hutan, sungai, rumah tradisional, kerajinan kalimantan semuanyaaaaa bagus banget dan mengharukan :')

Setiap dialognya juga seperti "menampar" gue sebagai anak Indonesia. Gue jadi ga ngiri sama temen-temen yang kerja di luar negeri (bukan belajar loh.. dan gue jadi ga kepengen jalan-jalan keluar negeri juga...

 "Orang bilang, tanah kita tanah surga. Kayu dan batu jadi tanaman. Tapi banyak orang kaya yang menjual kayu dan batu untuk membangun surganya sendiri."

Itu adalah kutipan puisi yang dibuat Salman, ketika ada perwakilan pemerintah kota yang berkunjung ke sekolahnya..

Gue sendiri sih tertampar dengan puisinya si Salman, hahahah...Pertama, itu nyindir perusahaan di mana gue kerja sekarang. Kedua, gue merasa malu kalo ngeliat diri gue atau anak muda lain yang kerja cuma untuk nyari duit, senang-senang, nambung buat beli rumah, mobil, de el el..

Hufftt... I wish I could contribute to this nation :)

Ask not what your country can do for you - ask what you can do for your country - John. F Kennedy

No comments:

Post a Comment