Pages

Wednesday 7 November 2012

HR Itu Selalu Salah ;)

It has been almost a year...I have worked in this world. They call that world “Human Resoursce Department”. What a short period of working, though I got so many lessons through the year. 

Awalnya gue kira, HR itu adalah departemen yang ‘paling baik’ di antara semua departemen yang ada di sebuah perusahaan. Isinya angel-angel semua gitu.. But, I was totally wrong. WE ARE THE BAD GUY!

Kalo kata manager gue; “HR itu selalu salah”. 

Bener ga sih? Setelah gue alami setahun ini sih, ternyata gue dengan berat hati setuju dengan statement itu. Either kita emang salah, or kita bener tapi disalah-salahin.
Tapi itulah menariknya dunia kelam ini *halah*

Di sini gue belajar banget (walopun masih proses sampe sekarang) untuk managing emotion dan menempatkan diri. Gimana harus berempati, dan gimana harus comply.. Menurut gue, untuk bisa jadi HR yang baik itu harus punya telinga lebaaaarrrr banget! Plus hati yang juga lebaaaaaar...

Gimana engga? Baik karyawan atopun management ngomelnya ke departemen ini. Sometimes, HR mesti nyampein aspirasi karyawan ke management...eh sampe management dicecar...hahha...

And vice versa..

Other time, kita harus nyampein maunya management ke karyawan...then siap-siap disemprot-semprot... ;p 

Belom lagi kalo kita sebagai HR muda tiba-tiba dicurhatin orang yang berpuluh-puluh tahun lebih tua dan ternyata udah belasan tahun menyimpan sakit hati ke HR...
sayangnya kita ga punya kuasa (bahkan untuk mindahin sebuah mesin printer), yang ada adalah bingung dan sedih...kikikikikkk...

But, I really enjoy working and learning in this 'world' ^^







No comments:

Post a Comment