Pages

Wednesday 22 August 2012

Smart People do Smart Work if they have a Smart Boss

I absolutely agree with this quote. I see, I hear, and I experience this..


Pagi ini gue ga ada kerjaan di kantor, hahahhaha…*malah seneng


Tapi lumayan bisa baca-baca e-book yang udah lama di download tapi ga sempet dibaca.
Pas lagi asyik-asyiknya nyekip-nyekip paragraf yang lagi bahasanya terlalu teoritis, eh gue kecantol ke 1 kalimat seperti yang nangkring di judul artikel ini. Smart people do smart work if they have a smart boss.

Benarkah emang demikian? 
Kemaren sore, gue dan 3 temen lainnya baru aja sharing-sharing soal kerjaan kita di kantor. Salah satu dari kita, Luhde (bukan nama sebenernya, tiba-tiba aja keinget karena baru nonton Perahu Kertas ;p) mengeluh soal bosnya. Gue dan temen-temen yang lain tau banget si Luhde ini anak yang cerdas. Tapi dia ngerasa udah buntu dan ga berkembang padahal baru aja 5 bulan kerja. What’s going on? Ternyata, there is something with her Boss. Si Luhde ngerasa, Bosnya tidak punya time & work management yang bagus. Beliau dirasa sangat santai dan ga punya targer kerja yang oke. So, dia ngerasa selama ini kerja “asal selesai” tanpa ada “greget”. Gue ngerti banget kondisi si Luhde. Teringat dengan komen Pak Wayan (bukan nama sebenernya juga, beliau adalah superintendent gue di kantor) “anak pinter itu cepet bosen, butuh tantangan, dan bisa keluar kalo merasa udah ga ada hal baru yang didapet lagi”.


Ya, ya, ya….emang iya….


Gue aja yang ga pinter-pinter amat bosen kalo udah ga ada hal baru yang bisa dipelajari di kerjaan ;p. But, I’m very lucky that I was rotated to this section :D dan supervisor gue adalah orang yang super. Mas Kirsey (lagi-lagi bukan nama sebenernya, nama aslinya Jawa banget, hehehehe). Dia  sangat bisa meng-encourage gue dalam bekerja. Dia selalu ceritain latar belakang suatu kerjaan dan kenapa gue harus lakukan sesuatu untuk itu. Seperti gambaran diri gue di bagian “segelintir tentang gue” di blog ini, gue adalah orang yang tidak bisa fokus untuk hal-hal detail dan administratif. Gue benci dengan data-data excel yang mesti dipelototin satu-satu plus mesti ngorek-ngorek data bertahun-tahun lalu yang super ga jelas. Tapi, Mas Kirsey bisa membuat gue yakin bahwa yang gue kerjakan itu adalah hal yang penting, so gue jadi semangat ngerjainnya walopun agak mual dan mata gue jadi agak jereng… Itulah yang gue anggap smart work,walopun kerjaannya ngebetein dan terlihat remeh tapi gue tau esensi kerjaan gue itu apa. Ya itu berkat my smart boss.


Tiap kali gue kebentur masalah, dia sangat support banget dan cepet banget “seolah-olah” kasih bantuan, padahal akhirnya gue juga yang menyelesaikan sendiri masalah itu. 


Hmm, yang penting bukan betapa beruntungnya gue dan betapa kasiannya temen gue sih, karena gue yakin anak yang cerdas juga pasti punya cara untuk develop dirinya walaupun kondisi sekitarnya tidak support. Tapi ini bisa jadi pelajaran buat gue dan temen-temen sih kalau suatu saat dikasih kesempatan untuk punya subordinat, mungkin di kepanitiaan, di kerjaan, dimanapun jangan lupa belajar seni memimpin juga :)

NB: Kirsey itu sebenernya nama penulis buku yang baru aja gue baca, hehehe

No comments:

Post a Comment