Pages

Saturday 5 October 2013

Awesome Google


Rasa suntuk di kantor bikin saya (yang memang kadang suka random ini) nyari-nyari info tentang kegiatan lucu-lucu bermanfaat. Thanks to social media, kali ini datang dari Google+ , bahwa akan ada acara Google Day (gDayX) di Jakarta. Tring! Cari temen buat barengan...waktu itu mikirnya, kalau acara Google kayaknya yang minat anak-anak IT deh...Langsung tanya Ace si mahasiswa S2 Fasilkom UI, temen se-almamater (TK, SMA, Universitas). Eh pilihan tepat, si Ace malah nawarin acara Google yang lain, yaitu Google Day for Entrepreneurs (gEntrepreneursID). Setelah banding-bandingin agendanya, okeh, 1 cuti saya didedikasikan untuk acara gEntrepreneursID, acara Google for Entrepreneur day pertama di Indonesia ;). Ternyata oh ternyata, ini acara untuk mahasiswa. Mohon maaf panitia karena kalian kemasukan penyusup ;p

g.o.o.g.l.e

Acara ini keren parah! Banyak pengetahuan dan cerita yang memotivasi anak-anak muda untuk berentrepreneur. Entrepreneur-nya bukan hanya untuk memperkaya diri sendiri, tapi untuk jadi jawaban atas permasalahan di sekitar kita, membantu banyak orang dan akhirnya membangun bangsa kita. 

Di bawah ini, pengetahuan baru yang saya dapat dan mudah-mudahan bisa saya aplikasikan suatu hari nanti ^^ 

9 Notions of Innovation

Innovation, not instant perfection. 
Semua produk bagus itu butuh proses dan banyak feedback dari user. Contohnya adalah gmail beta dimana Google mendapatkan banyak masukan dari pengguna dan akhirnya mengembangkannya.

Share everything you can.
Sharing visi dan misi, Google punya budaya ini di dalam organisasinya. Di Google ada budaya Thanks God It’s Friday, dimana tiap Jumat founder Google (Sergey & Larry Page) sharing mengenai rencana mereka dalan 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan kedepan, sehingga semua staff mulai dari yang paling kecil hingga yang atas paham apa visi/misinya. Itu juga kenapa di kantor Google di Mountain View banyak open spacenya, untuk memfasilitasi agar semua orang saling ngobrol.

You’re brilliant, we’re hiring.
Talent sangat penting. Ya iya lah ya, no doubt yang kerja di Google pasti orang-orang keren semua, hehe...Oh ya, katanya orang yang pertama kali dicari Sergey dan Larry ketika akan membuka perusahaan Google adalah HR (Human Resource). Wah, saya sebagai orang HR jadi agak tersanjung ;p

Lisence to pursue dream
Semakin terbukti betapa kerennya Google dengan prinsip ini. Google punya budaya yang namanya 70-20-10. Jadi setiap karyawan Google akan menggunakan 70% dari seluruh waktunya untuk mengerjakan project utamanya, 20% lainnya digunakan untuk melakukan project lain diluar produk/project utamanya tapi mungkin bisa mendukung itu, sementara 10 % sisanya mereka diperbolehkan (malah didukung) untuk mengerjakan hal-hal yang totally different. Cool, huh?! Budaya ini yang membuat produk Google semakin banyak, padahal awalnya hanya search engine.

Ideas come from everywhere.
Di google, setiap orang boleh memberikan ide. Idenya tidak harus datang dari founder.

Don’t politic, use data.
Dilarang pake feeling doang, kalo mau mengembangkan produk kita harus riset. Oleh karena itu ada yang namanya Google Analytics dan Google Trends.

Creativity loves restraint.
Intinya kalo mau mewujudkan ide, buatlah timeline, jangan omdo alias omong doang  (gue banget ini!)

Worry about usage & users, not money.
Ketika mengembangkan produk, jangan sampai kita cuma melihat dari sudut pandang kita. Seharusnya, justru kita selalu melihat dari sudut pandang user seperti apa kebutuhan mereka, apa kesulitan mereka, dll. 

Don't kill projects - morph them
Google tidak pernah langsung membuang poduknya yang kurang berhasil tapi mereka berusaha mengkolaborasikannya dengan produk lain. Misalnnya google video yang sempat gagal dikolaborasi dengan youtube.

So, wanna develop your organization? Learn from the awesome Google ^^

*tunggu pengetahuan seru lain dari acara ini di posting selanjutnya

1 comment:

  1. Oh God! Awesome and cool. As i told you before, HR is the soul of company. You create the human-engine to produce money.

    About omdo, remind me about our coffee shop.. Hahaaa Please check this out: https://www.facebook.com/LittleWingsBDG. The owner is my friend. I'm gonna be there next 2 week and try to get some inspiration from him.

    Good luck for us! Be a dreamer.. :D

    ReplyDelete