Pages

Saturday 30 March 2013

JAILOLO, I'M COMING! - Sebuah Harapan dari Seorang yang Cinta Indonesia


"Tulisan ini diikutkan dalam "Jailolo, I'm Coming!" Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo"

Setelah Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, obsesiku selanjutnya adalah menginjakkan kaki dan menikmati keindahan salah satu pulau di Kepulauan Maluku. Apa daya, selain jauh secara geografis dari tempat kediamanku di Ibu Kota Indonesia ini, deretan angka di saldo tabungannku pun kurang panjang untuk menghubungkan aku dan Maluku. Namun, ada secercah harapan! Ikut lomba menulis blog tentang Festival Teluk Jailolo! Yeay!

Teluk Jailolo, jujur nama ini baru pertama kali aku dengan beberapa bulan lalu ketika aku mengeksplor akun Google+ ku setelah sekian lama aku abaikan karena perhatianku hanya untuk sosial media lain yang berisi banyak kegalauan dan ke-alay-an. Festival Teluk Jailolo 2013? Apa itu? Di daerah mana? Kapan? Seorang teman pernah bilang bahwa aku punya sedikit jiwa jurnalis, karena aku punya  rasa penasaran yang cukup tinggi. Aku bahkan bisa pergi ke suatu tempat baru sendirian hanya dengan alasan penasaran. Ketika itu, jangankan istilah Festival Teluk Jailolo, istilah Jailolo saja baru saja aku ketahui. Ternyata 23 tahun kehidupanku di tanah air Indonesia sama sekali tidak cukup untuk mengetahui dan menghapal semua nama pulau yang ada di negeri yang indah ini.

Jailolo terletak di kawasan Halmahera Barat, Maluku Utara. Kalau kalian bertanya mengapa aku sangat ingin kesana? Jawaban pertama adalah sangat ingin ke Maluku (setelah mimpi ini terwujud, aku akan membuat mimpi baru untuk ke Papua). Kedua, aku merasa malu karena baru saja mengetahui ada yang namanya Festival Teluk Jailolo, dan aku ingin semakin banyak orang yang tahu. Setidaknya, pembaca tulisan ini juga ikut penasaran tentang Festival Teluk Jailolo. Sebenarnya, dalam tulisan ini aku diminta untuk menceritakan ide kreatifku untuk mempromosikan Jailolo ke publik. Tanpa syarat itupun, sebenarnya aku akan otomatis melakukannya  J

Kalau aku berhasil mendapat kesempatan kesana, aku akan menulis dan menampilkan foto-foto mengenai betapa menariknya Jailolo! The Treasure of Golden Spice Island, yang menjadi tema tahun ini membuatku teringat cerita guru sejarah ketika aku SD bahwa betapa bangsa Eropa sangat tergiur dengan kekayaan rempah Indonesia Timur khusunya Halmahera. Sekarang aku akan melihat sendiri kekayaan budaya dan  alam di Jailolo. Tulisanku akan aku posting di blog dan aku sebarkan di semua media sosial yang aku punya. Selain itu, aku akan cerita ke semua teman-teman yang aku temui. Aku rasa ini akan efektif dan aku optimis. Kenapa? Tulisan, foto, dan ceritaku tentang sebuah pantai yang aku kunjungi di sebuah weekend berhasil membuat temanku penasaran dan langsung datang ke sana di minggu depannya. Oh ya, promosi tentang Indonesia sebenarnya adalah salah satu project tanpa akhir yang sedang aku kerjakan. Aku suka memposting foto keindahan Indonesia yang sudah aku lihat sendiri di beberapa komunitas di Google+. Sebagian besar anggota komunitas berasal dari negara yang berbeda, dan itu sangat menguntungkan dalam memperkenalkan Indonesia yang indah. Ini pasti akan aku lalukan untuk Jailolo! Hm, ada seorang berkebangsaan Jerman yang setiap tahun berlibur di Indonesia, sepertinya aku akan ‘meracuni’-nya agar mengunjungi Jailolo.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Apakah juga penasaran? Ayo kita kesana!
Kamu bisa kunjungi http://www.festivaltelukjailolo2013.com/ dan http://www.wego.co.id/ untuk info lengkapnya.

Aaaahh, rasanya deg-degan karena excited ketika menulis ini. Semoga aku menang!...
dan JAILOLO! I’M COMING!!!!!


No comments:

Post a Comment